Mengatasi Laptop Lemot

1. Uninstall Aplikasi tak Terpakai

Salah satu hal yang menyebabkan sebuah laptop berumur dibawah 3 tahun menjadi lemot adalah karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal, sehingga Drive C pada laptop menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama dalam membaca hard disk. Hal ini juga akan menyebabkan pembacaan data yang ada dalam hard disk membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Cara paling ampuh adalah melakukan tindakan uninstall terhadap aplikasi yang tidak perlu atau yang jarang di gunakan. Biasanya aplikasi yang tidak perlu ini tidak sengaja teinstall ketika sedang asik berselancar dan juga melakukan download konten dari website tertentu yang ternyata secara tidak di sadari malah menginstall program yang tidak di butuhkan.

2. Bersihkan Desktop

Banyaknya aplikasi yang diletakkan di desktop juga merupakan salah satu faktor penyebab laptop menjadi lemot. Apabila memiliki laptop dengan kapasitas memori yang besar maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi terkadang jika terlalu banyak aplikasi yang ada pada desktop dapat menyebabkan laptop terlalu lama dalam merespon apa saja yang user kerjakan.

3. Gunakan Aplikasi Seperlunya

Penggunaan RAM yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab lemotnya laptop. Biasanya hal ini terjadi ketika user terlalu banyak membuka aplikasi yang berat dalam sekali running, seperti bermain game sambil memutar playlist music. Hal ini tentu saja akan menyebabkan laptop menjadi lemot. Maka dari itu, lakukanlah pembersihan RAM komputer dengan menutup aplikasi atau dengan menggunakan task manager.

4. Remove Aplikasi di Startup

Startup merupakan suatu saat dimana laptop mulai beroperasi. Biasanya ketika melakukan startup, aplikasi yang akan berjalan adalah aplikasi penting, seperti antivirus. Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang masuk ke dalam startup, karena hal ini akan menyebabkan aplikasi tersebut akan working in background, yang akan memakan kapasitas dari RAM.

5. Gunakan Aplikasi Sesuai Memory 

User tentunya harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang di miliki. Dan user pun harus menginstall aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Apabila menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada laptop, maka jangan heran apabila laptop nantinya akan menjadi lemot, meskipun baru dimiliki.

6. Hapus file temp

Sebagai laptop yang menjalankan banyak program dan file sementara disimpan pada hard drive. Menghapus file temp tersebut dapat membantu mengatasi laptop lemot.

Caranya : Cari aplikasi RUN, ketik secara berbarengan “Win+R” lalu tulis %temp%

 

Selamat mencoba 🙂

 

 

https://dosenit.com/ilmu-komputer/tips-trik/cara-agar-laptop-tidak-lemot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *